14 January 2004

2 Warga Ditipu Undian




Pontianak,- Undian berhadiah sering dijadikan oleh para penipu untuk meraup keuntungan. Asep warga Jalan Sekadau dan Usep, warga Bali Asri hampir saja tertipu oleh pelaku untuk mengirimkan uang ke rekening yang ditentukan. Kedua warga ini sempat menghubungi orang sesuai dengan alamat pengirim.

Asep kepada Pontianak Post, Selasa (13/1) mengatakan, bahwa dia mendapatkan surat berisikan menang undian gebyar akhir tahun Silver Queen. Adapun hadiah yang akan didapatkan oleh dia berupa sebuah mobil merk Honda. Untuk menyakinkan Asep, pelaku penipuan mengirimkan berkas undian berupa bekas kemasan produk yang ada nama maupun alamat pengirim.

"Saya sangat suka sekali dan terkejut ketika diberitahu menang undian, apalagi hadiahnya mobil. Selain itu saya hampir yakin karena surat izin dari Polda Metro Jaya, surat pemeriksaan pajak Dirjen Pajak wil IV Jakarta serta surat dari pihak PT Ceres Indonesia," jelasnya.

Tahu kemudian, Asep segera menghubungi pengirim yang lalu menyuruh dia untuk mentransfer uang ke nomor rekening yang telah ditetapkan. Namun Asep tidak mudah percaya begitu saja dan mengatakan lebih baik harga mobil dipotong pajak yang dikirimkan kepadanya. Tetapi pelaku penipuan langsung menutup teleponnya dan tak bisa dihubungi.

Sementara itu Usep bernasib hampir sama dengan Asep. Dia mendapatkan kiriman berkas undian menang hadiah dari PT Harapan Nusantara berupa sebuah motor Kawasaki Ninja. Pria muda ini sebelumnya memang mengirim undian berhadiah Nokia beberapa waktu lalu. Usep diharuskan menyetorkan uang paling lambat untuk mengambil hadiah tanggal 13 Januari 2004. "Berkas yang dikirim sedikit berbeda dengan undian lain, yakni surat ketentuan pajak, izin pelaksanaan Dirjen Bina Bantuan Sosial dan dari perusahaan. Karena tidak mungkin untuk memenuhi permintaan pelaku penipuan, jadi saya tak mentransfer uang sebagaimana diminta," ujarnya.

Asep maupun Usep hanya sebagian besar orang yang menjadi sasaran pelaku penipuan. "Kita berharap masyarakat berhati-hati terhadap menang undian berhadiah, cek dulu kebenarannya sebelum memenuhi permintaan pelaku. Kalau kurang yakin tanyakan kepada pihak kepolisian," harap Asep. (riq)

Pontianak Post - Rabu, 14 Januari 2004

http://www.pontianakpost.com/berita/index.asp?berita=Metropolis&id=47076

No comments: