09 May 2004

Penipuan SMS Masih Marak

Pontianak,- Pengguna telepon selular tampaknya masih harus terus waspada dengan SMS berkedok undian berhadiah. Pasalnya undian tersebut mengatas namakan sebuah perusahaan penyelenggara layanan telepon tanpa kabel itu. Dimana isinya berbunyi "Selamat, uang dua puluh juta jadi milik anda". Diikuti lagi dengan kalimat untuk menghubungi nomor tertentu. Namun, ketika dihubungi, diminta untuk transfer rekening. Di sinilah letak penipuan itu.

Ketika dikonfirmasi Pontianak Post kepada Manajer Grapahry Telkomsel Kalbar, Ketut Ery menuturkan, bahwa mereka tidak pernah mengadakan undian berhadiah seperti itu. Disinyalir undian tersebut hanya berkedok menipu dan memperburuk citra Telkomsel.

"Perusahaan kami tidak pernah mengadakan undian kuis seperti itu, kalaupun ada kami tidak pernah meminta bayaran sebagai syarat pemenang hadiah," tutur Ketut.

Selain itu, terangnya, untuk mengadakan undian berhadiah pihak Telkomsel selalu menyebarkannya melalui promosi iklan. Tidak pernah mendapatkan pemenang melalui undian. "Seandainya ada pemenang, pihak kami pasti akan menghubungi mereka," tegasnya.

Untuk undian berhadiah, ungkap Ketut, pihak mereka mengadakannya bagi Kabupaten Ketapang. Itu dilakukan karena dibukanya Gray layanan baru di sana. Undian itu ditujukan buat pelanggan baru pemakai kartu Telkomsel.

Sebelumnya juga sms seperti itu pernah terjadi pada pelangan-pelangan Telkomsel. "Untuk itu jika ada masyarakat menerima SMA seperti sebaiknya tidak dihiraukan, atau lapor kepada pihak berwajib," jelasnya.

Menurutnya, SMA tersebut juga sering berisi voucher mengatas namakan Telkomsel. Dikirimkan kepada seseorang dan meminta sejumlah uang. "Kalau bukan dari perusahaan resmi dan mengadakan undian resmi. Sekali lagi jangan hiraukan hal itu," terangnya. (den)


Pontianak Post - Minggu, 9 Mei 2004

http://www.pontianakpost.com/berita/index.asp?berita=Metropolis&id=56533

No comments: