23 July 2004

Penipuan Berkedok Undian Berhadiah

Akhir-akhir ini telah terjadi upaya penipuan di masyarakat oleh oknum yang mengaku sebagai penyelenggara undian berhadiah lifebuoy. Dalam beberapa kasus, oknum mengatakan bahwa dirinya berasal dari perusahaan bernama PT Mitra Makarindo Utama selaku penyelenggara undian "Pemirsa Lifebuoy", dari pemenang diminta menghubungi calon korban untuk menyampaikan bahwa mereka telah menjadi pemenang undian berhadiah lifebuoy dan diharuskan membayar sejumlah uang sebagai pajak hadiah. Untuk lebih meyakinkan calon korbannya, oknum mengirimkan dokumen palsu berupa antara lain surat konfirmasi pemenang, surat dari notaris, Polda Metro Jaya dan Dirjen Pajak.

Sehubungan dengan hal itu, PT Unilever Indonesia Tbk sebagai produsen sabun dan shampo lifebuoy menjelaskan sebagai berikut:

1. Pada saat ini, lifebuoy tidak sedang mengadakan promosi berupa undian berhadiah dalam bentuk apapun.

2. Dalam seluruh promosi berhadiah yang dilakukan brand-brandnya, Unilever tidak memungut biaya dari pemenang dan pajak sepenuhnya ditanggung Unilever. Jadi, apabila ada pihak yang mengatasnamakan salah satu brand Unilever yang meminta pemenang membayarkan sejumlah uang, dapat dipastikan hal itu adalah upaya penipuan.

3. Kami mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap upaya penipuan ini. Apabila merasa ragu-ragu, harap langsung menghubungi Suara Konsumen Unilever di nomor bebas pulsa 0-800-1-558000.

Kami sangat menyesalkan tindakan oknum yang tidak bertanggungjawab ini, yang sangat merugikan kami dan konsumen produk-produk Unilever.


Leila Djaafar
Head Of Corporate Communications
PT Unilever Indonesia


Pontianak Post - Jumat, 23 Juli 2004

http://www.pontianakpost.com/berita/index.asp?berita=SuratPembaca&id=63451

No comments: