04 August 2004

Penipuan Berkedok Undian di Sanggau



Sanggau,- MODUS operasi aksi dugaan penipuan di Sanggau kini semakin canggih saja. Setelah merebaknya telepon "siluman", kini ada lagi penipuan berkedok undian. Akibatnya, seorang warga Sanggau nyaris menjadi korban.

Informasi yang berhasil dihimpun Pontianak Post, Selasa (3/8) kemarin, seorang warga Sanggau nyaris menjadi korban penipuan hadiah berkedok undian. Modus dugaan penipuan ini berawal ketika calon korban dihubungi oleh seseorang yang mengucapkan selamat, karena yang bersangkutan mendapatkan hadiah mobil seharga Rp 175 juta. Meskipun demikian, calon korban tersebut merasa curiga. Karena mengetahui bahwa undian hadiah yang dilaksanakan oleh merk susu tersebut telah selesai. Namun untuk meyakinkan hatinya, dia berusaha mengikuti petunjuk dari peneleponnya tersebut. Yakni dengan disarankan agar mengisi segenap biodata dan menyerahkan sejumlah uang ke rekening tertentu, sebagai pajak hadiah mobil. "Namun karena pengiriman pemberitahuan dan batas waktu yang ditentukan sangat mepet, maka si calon korban tersebut langsung curiga dan tidak memenuhi permintaan itu," jelas sumber Pontianak Post yang enggan disebutkan namanya. Modus operasi penipuan ini ingin menilep pajak hadiah kendaraan sebagai hadiah dari si calon korban. Sementara itu hadiah yang dijanjikan bisa ditebak tidak akan ada wujudnya.

Berkaitan dengan kasus ini, Kapolres Sanggau AKBP Drs Triyono Suharyanto kerap mengimbau kepada masyarakat Sanggau, agar berhati-hati atas kegiatan-kegiatan yang bermaksud untuk melakukan penipuan seperti ini. Dan diharapkan kepada masyarakat yang telah merasa dirugikan jangan segan-segan melaporkannya kepada pihak yang berwajib. (an)

Pontianak Post - Rabu, 4 Agustus 2004

http://www.pontianakpost.com/berita/index.asp?berita=Sanggau&id=64624

No comments: