05 February 2005

Surat Pembaca: Undian Alamat PO Box

WACANA

Kami menanggapi keluhan Sdri Novi Erisca Supriyanti di Surat Pembaca 4 Janurai 2005 perihal penipuan undian berhadiah yang dikirim melalui pos. Terima kasih atas kepercayaan Anda kepada jasa pos dan masukannya sangat berharga untuk pembenahan pelayanan.

Sejak modus penipuan serupa dikeluhkan banyak pihak beberapa tahun lalu, kami telah melakukan tindakan preventif. Sesuai standar operasional Pos mulai dari collecting, processing, transporting sampai dengan delivery tindakan preventif kami tekankan pada controlling.

Terutama untuk kiriman pos berupa undian berhadiah beralamat PO Box dengan cakupan collecting nasional tujuan kantor Pos di Jakarta/Surabaya baik berupa kartu pos, barang cetakan/kupon dan surat. Pertama antisipasi penyimpangan pengolahan kiriman di kantor Pos asal dan tujuan.

Antara lain mengamankan kiriman dari jangkauan yang tidak berhak, pengawasan ketat di setiap tahap operasional dan memberi sanksi tegas kepada pegawai yang terbukti melakukan pelanggaran. Kedua antisipasi terhadap korban penipuan surat/barang cetakan yang dikirimkan oknum yang diduga mengandung unsur penipuan.

Caranya memberi teraan "cap peringatan penipuan" pada sampul/barang cetakan s.d menahan kiriman yang diduga mengandung unsur penipuan untuk diserahkan kepada pihak berwajib.

Kami juga imbau kepada masyarakat tidak membayar tunai atau mentransfer uang ke rekening mana pun, tidak menghubungi nomor telepon/ponsel yang ditunjuk oleh oknum tersebut dan bila perlu lakukan pengecekan kepada fihak penyelenggara undian yang resmi.

Edy Nooryono
Humas Kanwilpos VI Jateng & DIY

Suara Merdeka - Sabtu, 05 Februari 2005

http://www.suaramerdeka.com/harian/0502/05/opi05.htm

No comments: