28 June 2006

Hati-hati Penipuan: Bla Bla Bla

Belakangan ini, acara kuis berhadiah menjamur, baik di televisi maupun radio yang menawarkan beragam hadiah menarik. Namun sayangnya banyak penipuan berkedok undian hadiah. Modusnya pun beragam, dari lewat surat sampai lewat short message service (SMS). Nah, Apa yang bisa kita lakukan bila mendapatkan kiriman SMS, telepon atau surat yang menyebutkan bahwa kita memenangkan undian?

1. Tanggapi informasi tersebut dengan tenang, rasional dan tidak emosional.

2. Coba ingat-ingat, apakah Anda pernah mengikuti undian, kuis atau sejenisnya. Bila tidak, abaikan pesan atau surat tersebut. Namun, bila Anda pernah mengikuti, hubungi penyelenggara untuk melakukan konfirmasi atas kebenaran berita tersebut.

3. Jangan menghubungi pelaku melalui HP yang sudah ditentukan.

4. Jika ada lampiran surat dari Kepolisian atau Departemen Sosial, tanyakan kepada instansi-instansi tersebut, apakah telah mengeluarkan surat dengan nomor yang tertera di surat lampiran tersebut.

5. Jangan sekali-kali mengikuti perintah pelaku jika Anda belum mendapatkan jawaban atas kebenaran informasi dari perusahaan penyelenggara, misalnya membeli voucher kemudian memberikan nomor voucher, pergi ke ATM dan mentransfer uang, dan sebagainya.

7. Jika Anda yakin bahwa itu merupakan modus penipuan, segera laporkan kepada yang berwajib. Juga, informasikan masalah ini kepada orang di sekitar Anda agar mereka tidak menjadi korban (bbsb)


Pontianak Post - Rabu, 28 Juni 2006

http://www.pontianakpost.com/berita/index.asp?berita=X-presi&id=120196

No comments: