12 December 2006

Penipuan Sosro berhadiah Yaris

Des 12th, 2006 by ryosaeba

setelah penipuan dengan memanfaatkan undian carrefour dan menyelipkan kupon hadiah palsu di sabun lifebuoy, penipuan terbaru yang saya temukan adalah dengan membonceng undian sosro yang berhadiah utama mobil toyota yaris. berikut adalah hasil scan surat yang dikirimkan oleh para penipu:

dari hasil pencarian dengan google, sedikitnya ada satu korban yang menuliskannya ke rubrik metropolis watch di koran jawa pos:

Penipuan Bermodus Kupon Undian

Saya salah satu pengirim undian yang dimasukkan amplop “Fruit Tea Nomer Ngejutin”. Beberapa waktu kemudian, saya mendapat surat tercatat yang berisi pemberitahuan bahwa saya mendapat hadiah utama berupa satu unit Toyota Yaris dari PT Sinas Sosro. Melalui surat itu, saya diminta membayar pajak hadiah undian sebesar 25 persen di kantor pajak.

Ketika kami ke Jakarta untuk mengambil hadiah, ternyata surat tersebut palsu. Pertanyaan saya, kenapa kupon yang saya tujukan ke PT Sinar Sosro sebagai penyelenggara undian bisa jatuh ke tangan orang lain? Terbukti bahwa kecerobohan semacam itu sering dimanfaatkan untuk penipuan. Saya telah melaporkan masalah ini ke PT Sinar Sosro di Jakarta sebagai penyelenggara undian. Namun, mereka terkesan lepas tangan dengan persoalan ini.

SHINTAWATI, (031) 568-1113, 71059213


modus penipuannya sama, memaksa calon korban berpikir pendek dengan membuat tenggat waktu yang amat singkat atau malah sudah melanggar tenggat, dan semua nomor telepon yang ada adalah nomor telepon prabayar sehingga mempersulit melacak identitas penipu yang sebenarnya.

saya juga mendapatkan informasi dari penerima surat penipuan tersebut, yang merupakan karyawan perusahaan lain yang satu gedung dengan kantor saya, bahwa keesokan harinya datang lagi 2 surat penipuan itu namun kali ini menggunakan alamat kantor sosro yang benar. selama tidak ada tindakan dari pihak yang berwenang, tampaknya indonesia memang masih tetap merupakan surga bagi para kaum penipu.


Posted in scam, indonesiana | 14 Comments

14 Responses to “penipuan sosro-yaris”
on 13 Des 2006 at 6:57 pm1 Azil
dari orang yang sama?
*baca skip2*

on 16 Des 2006 at 3:12 pm2 apung
wew… penipu sekarang pada niat-niat yah?
tapi saya rasa mereka gak siap jadi penipu..
soalnya modusnya sama, “modus penipuannya sama, memaksa calon korban berpikir pendek dengan membuat tenggat waktu yang amat singkat atau malah sudah melanggar tenggat, dan semua nomor telepon yang ada adalah nomor telepon prabayar sehingga mempersulit melacak identitas penipu yang sebenarnya.”



on 06 Jan 2007 at 1:21 pm3 Cakra
Kebetulan saat ini saya sudah siap transfer dana yg diminta, karena adik saya juga mendapatkan surat pemenang undian yaris sosro tersebut.
Kami berterimakasih atas informasi yg diberikan dlm website ini sehingga meluputkan kami dari penipuan.
Menurut saya kita semua tidak perlu lagi membeli produk sosro baik utk dikonsumsi/diperdagangkan, sampai Pihak Sosro mengeluarkan surat resmi yang menangkal penipuan ini. (Dari sini terlihat bagaimana management mereka yg otomatis mempengaruhi produk2 mereka) Terimakasih



on 19 Jan 2007 at 8:22 am4 Silvy
Wah, kalo aku sich tetap minum aja.. enak sih.
Kalo kamu gak mau minum lagi ya Gpp kok.. air putih juga sehat.. atau Coca-cola aja yang dari Amrik itu, yang jadi saingannya sosro perusahaan lokal asal jawa tengah. Khan lebih gengsi ya??!

Lagian kok malah jadi berfikir terbalik?? Penipunya Bebas, malah sosro yang sebetulnya juga Korban malah dihukum?!

Ada orang yang dirampok, kok malah orang tersebut yang dihukum… anda polisi ya?

Sebetulnya, penipuan menggunakan nama perusahaan yang bonafid sudah sangat sering terjadi (kalo gak salah udah lebih dari 10 tahun kasus ini muncul!!)

Tapi ada gak berita mengenai pelaku yang ditangkap??!! GAK ADA!!!!

Bisnis besar? mungkin saja, bayangkan saja kalo dalam satu hari ada 10 orang yang tertipu untuk satu undian. Kalo ada 5 undian?? 50 orang x 10 juta? 500 juta!!!

10% buat beking?? mungkin saja… 50 juta sehari?? siapa yang gak mau?!

Kalo mau berfikir Netral, mana mungkin sih perusahaan-perusahaan besar yang namanya disalah gunakan berdiam diri? mereka juga pasti tahu yang namanya Corporate Branding, Customer Loyalty, dan segala macam terminologi yang intinya mereka juga bukan orang-orang BODOH! Pasti mereka sudah melakukan sesuatu untuk mengatasi hal ini..

Tapi kalo sudah ketemu yang namanya Beking… Percuma saja dech. Mendingan juga minum sosro… Aman!!!

Pak Polisi… bagi-bagi dong uang beking-nya… buat beli sosro… hihihihihihihihihihihihi



on 19 Jan 2007 at 8:35 am5 Rudy
Walah.. walah kok malah berantem.

PT. SINAR SOSRO udah mengeluarkan pengumuman kok, di KOMPAS ada kok. Gua pernah baca.

Sebetulnya kalo mau periksa, ada juga kok di website fruit tea –> www.fruittea.co.id apalagi Mas-mas dan Mbak-mbak yang ada disini khan bisa Internet toh?

Saya aja yang bukan peminum setia sosro, begitu ada rame-rame disini langung liat aja website-nya. Kalo gak tahu? pake google/search engine dong Mas. Khan pasti ketemu.

eh, gak tahu search engine ya?

Wakakakakakakaka

Mas Polisi, aku juga mau minta bagian dong. Buat beli Coca-cola kok. Aku kan pecinta buatan dalam negeri. JAKA SEMBUNG!

Buat Sosro. Siap-siap aja jadi tersangka

Pak Polisi ku Korupsi kok gak kenyang-kenyang sih?
Sekali lagi Asik ah.



on 23 Jan 2007 at 11:05 am6 tantan
Wah wah,
saya juga dapat undian toyota yaris dari sosro.
cuman ya gitu, tenggat waktu yang sempit sehingga mau tak mau harus cepat bayar pajak 25%.
sedang diselidiki nich, apakah emang benar saya dapat undian, atau itu penipuan.



on 05 Mar 2007 at 4:15 pm7 itsme
wah ibu saya nyaris kena penipuan ini , dia benar2 senang sampai susah ngomong, tapi karena tenggang waktu nya hari ini jg , saya langsung nelpon notarisnya (masih belum curiga), lalu minta konfirmasi , tiba2 dia bilang kirim saja dahulu uangnya, saya langsung kaget dan curiga…saya coba telepon no kantor yang tertera di surat , tau2nya mailbox flexi….sudah terbukti kecurigaan saya , saya langsung mencari nomer telpon asli pt sosro dan langsung menelpon, ternyata benar itu penipuan….kita memang harus tenang dah hati2 dalam menghadapi musibah maupun rejeki



on 08 Mar 2007 at 8:46 pm8 nana
menurut saya kenapa juga bisa terjadi pemalsuan seperti itu? dan yang bodohnya kenapa orang bisa ketipu? seharusnya kan konfirmasi dulu, juga kenapa produk tersebut bisa diselipkan undian palsunya? dan sangat aneh aja..saya masih tidak jelas benar. tapi apa bisa untuk reply email ke email saya? saya mau tau lebih. dan saya mau mengumpulkan data yang cukup lengkap tentang pemalsuan tersebut..karena saya ingin membahas kasus ini, buat tugas saya,,mohon bantunnya,,dan trima kasih banyak..tuhan memberkati..



on 01 Mei 2007 at 1:27 am9 Gua
Kuncinya cuma satu menghindari penipuan.
Baca Website Officialnya disitu lengkap.
Dijamin Ga ketipu.

Untuk penipu,Loe ga bakal sanggup bayar hacker untuk ngerjain website official orang.

Pegang kuncinya ya Anak-anak.hehhehehe ( Cuma Becanda Bos )



on 14 Mei 2007 at 10:02 pm10 terkutuk
terkutuk tuh orang2 yang nipu2 gitu. gw yakin ada orang sosro yang maen juga, moga2 kalo orang sosronya terlibat juga. perusahaannya hancur seperti lapindo. dan masuk neraka se anak cucunya amin ya Allah.



on 09 Jul 2007 at 10:27 am11 ae
aku dah ngirim 25 jt, gmna donk……apa yang harus saya lakukan……??????



on 19 Jul 2007 at 1:47 pm12 Andy
Berikut ini saya sampaikan identitas org yg coba menipu saya :
Penanggung Jawab Program : Bambang Maulana, S.Kom
Jabatan : Promotion Managert
Hotline Service : Tel. 021.68828355 atau via HP.0815.738.736.34
Indentitas ini saya peroleh dari formulir pemenang undian
Terima kasih.



on 19 Jul 2007 at 1:53 pm13 Lini
Bertobatlah…wahai engkau penipu, ingatlah karma selalu ada untuk orang2 jahat seperti anda.



on 19 Jul 2007 at 1:59 pm14 Susan
Mohon pihak Sosro untuk bisa bekerjasama dgn pihak yang berwajib agar bisa segera di tindaklanjuti, dan saya sangat curiga ada orang dalam yang berperan dlm penipuan ini.
Jangan sampai ada korban baru lagi dan nama baik Sosro tercemar, kasihan mereka soalnya bisa saja mereka meminjam uang dari org lain untuk membayar pajak tersebut.
Ini juga perlu adanya briefing yang disertakan dalam iklan Sosro. Terima kasih



Trackback URI | Comments RSS

http://ryosaeba.wordpress.com/2006/12/12/penipuan-sosro-yaris/

1 comment:

Anonymous said...

wah, ternyata dah banyak temen2 d sana juga menerima pengumuman palsu ini ya,
ceritanya saya juga baru menerima 1 surat persis isi nya sama dengan bu shintawati, cuma kali ini mobil toyota yaris nya diundi pd tgl 23 mei 2008. undian ini kalau tidak salah hari itu ada dibagi2 gratis atau di selipkan di produk barang apa saya lupa di sekitar bulan april,
lantas karena bentuk nya kartu pos prangko gratis ya tanpa pikir panjang saya isi n poskan,
tidak tahu nya bulan november tgl 24 ini barulah sampai surat ke 2 pemberitahuan bahwa hadiah itu sudah habis batas waktu pengambilan hadiah utama nomer ngejutin fruit tea sosro pd tgl 18 Nov 2008,(pdhl surat pertama pun tidak pernah saya terima,n surat ke 2 tercetak dikirim pd tgl 25 okt tetapi malah tgl 24 nov sampenya)

Ketika ditelpon k no telp kantor PT.Sinar Sosro Indonesia yg d bubuhi alamat palsu(jl.M.H.Thamrin Kav.67 jakarta 10250), no pertama (021-33973357) tidak ada yg angkat sampe 15 menit pdhl baru jam 3 sore hari senin,no kedua (021-33779373) baru lah ada bapak bernama joko adrianus,kayak asal2 saja cara tanya jawab nya,malah saya yg ditanyai data2 saya,karena dia tidak tahu tentang siapa pemenang sebenarnya toyota yaris itu(terlalu banyak korban yang diincar kali),akhir nya saya disuruh telpon divisi promosi penanggung program Undian Comer Ngejutin Fruit Tea Sosro,pak Herry Purnomo,S.Kom alamat Jakarta Centre Building 9th Floors,jl.M.H.Thamrin Kav.67 Jakarta 10250
Handphone: 081219291872

begitulah di lembar halaman kedua juga persis sama dengan surat bu shintawati,notari bernama Herry Bangsawan,SH telah mensahkan dengan blangko notaris pemenang yg d maksud, tidak ketinggal nama direktur utama PT.Sinar Sosro Indonesia pun di tera di bawah lengkap cap perusahaan n tanda tangan Januar Sukma Budihardjo.

lembaran ketiga adalah penagihan pajak dari Departemen Keuangan RI,Kantor Pelayanan Pajak WIL.IV Jakarta Raya,adapun isi nya tentang penyelesaian pembayaran pajak atas hadiah yg dikeluarkan PT.Sinar Sosro Indonesia,dan menghimbau pihak sosro supaya dapat menyampaikan kepada pemenang agar segera menyelesaikan beban pajak atas hadiah tersebut mengingat batas waktu sudah semakin dekat(sudah berakhir tepat nya pada saat saya terima surat ini).

Adapun di bubuhi cap kantor pelayanan pajak Departemen Keuangan RI,KANWIL IV DITJEN PAJAK JAKARTA RAYA,Dra.Susan Berliana Anthony,MSc.NIP.060027359

(saya heran bagaimana penipu2 ini bisa mendapat cap dari kantor pajak)alamat kantor pajak pelayanan pajak wil.IV jakarta Raya yaitu jl.M.H.Thamrin Kav.27 Jakarta 10250 telp.021-32037026

terakhir setelah saya menghub pak Herry purnomo,karena batas pengambilan hadiah telah lewat,maka pak herry pun beralasan bahwa hadiah sudah diserahkan ke pihak DepSos RI untuk dilelang,jadi saya disuruh telpon bagian pelelangan pak Bambang Kuncoro hp 08388977633(sepertinya ini no palsu karena sama sekali tidak terhubung) no kantor lelang 02130239323 juga tidak ada yg angkat, sehingga saya menjadi bolak balik menelpon pak herry akhirnya saya minta dia agar menghubungi pak bambang dan selanjutnya pak bambang yang telpon saya saja,pak herry jawab ok dan itu lah terakhir saya berhubungan dengan penipu2 tersebut.Pada saat mulai pembicaraan sampai berakhir mereka belum meminta saya mentransfer pajak hadiah yg sebesar 39.5juta (25% dari 158juta).

akhirnya saya tahu ini adalah aksi penipuan yang sudah dijalankan sejak 2006 lalu dan korban sudah lebih dari 25 orang.Kenapa ini bisa terjadi?selama 2 tahun pihak PT.sosro indonesia hanya diam diri?padahal ini jelas2 pelanggaran hak cipta,pencemaran nama baik,penipuan kelas berat dan terencana,APAKAH PT.SOSRO tidak memiliki harga diri dan komitmen untuk memasarkan produk nya dengan reputasi yang baik di mata pelanggan?apakah dengan ada nya penyelipan undian2 palsu ini malah dari pihak sosro merasa senang karena bisa mendongkrak penjualan walau mengorbankan kepercayaan konsumen terhadap produk teh SOSRO?
sungguh mengecewakan hati, sudah memberi kepercayaan penuh kepada produk teh sosro tetapi saya malah ditipu mentah2 tanpa ada tindakan selanjutnya atau tindakan sepantas nya dari pihak PT.SOSRO tersebut,
dan sungguh tidak bisa dipercaya selama 2 tahun pula penipu2 ini memakai nama samaran yang sama pula(nama Herri bangsawan selaku notaris),jadi selama 2 tahun ini aksi mereka tidak terganggu sama sekali? dengan sesuka hati nya memakai nama PT.Sosro menjebak konsumen dengan menyelip2kan kertas undian palsu?dengan membubuhi pula alamat palsu kantor PT.Sosro di kertas undian jelas ntah berapa banyak korban dalam sebulan yang mereka tipu!!!
kenapa bisa begitu?apakah ada orang dalam yg bermain di sini atau ini memang taktik bisnis?yang tahu hanya yg tuhan di atas,
jadi tolong lah pihak berwenang dan pihak sosro khususnya jgn mengangapi masalah ini sepele,ingat brand image sosro juga jangan sampai rusak gara2 hal ini, atas perhatian nya saya ucapakan banyak terima kasih,

dari:Korban Penipuan undian comer Ngejutin Fruit Tea Sosro,