18 April 2007

Anggota Sindikat Penipuan Kupon Berhadiah Ditangkap

Parepare, Tribun -- Aparat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Parepare menangkap, Amr (40), yang diduga kuat termasuk komplotan sindikat penipuan undian berhadiah, Rabu (18/4), di Kantor Cabang BNI Parepare.
Personel tim Buru Sergap Polresta Parepare membekuk Amr ketika sedang melakukan transaksi di bank tersebut, sekitar pukul 12.00 wita. Tim buru sergap bergerak setelah menerima informasi dari unit intel.

Amr diketahui warga Sidrap kelahiran Soppeng berdomisili di Jl Kebun Sayur, Parepare, bersama istrinya. Amr ditetapkan sebagai tersangka dan diamankan polisi bersama istrinya yang ikut menemani ke bank tersebut.
Amr ditengarai bagian dari sindikat penipuan di wilayah Ajatappareng. Dua hari sebelumnya, Polsek Pelabuhan Nusantara Parepare menangkap Gus (22) yang juga diduga bagian dari sindikat itu. Ketika ditangkap, Gus membawa 400 lembar kupon undian berhadiah.
Gus yang juga berasal dari Sidrap, ditangkap setelah tiba di Parepare dengan KM Teratai Prima dari Samarinda, Kaltim, Senin (16/4).
Setelah diperiksa, polisi menemukan ratusan kupon undian yang rencananya ditempelkan pada sebuah produk sabun.
"Dari tersangka, kami menyita barang bukti berupa uang senilai Rp 17 juta yang ditarik dari bank dan 11 nomor rekening. Masih ada tersangka lain yang kami kejar di Belawa," kata Kasatreskrim Polresta Parepare, AKP M Saleh Kasim.

Polisi masih merahasiakan nama orang itu. Amr menyebutkan, orang itulah yang memintanya menarik uang di bank-bank menggunakan sejumlah nomor rekening.
Modus penipuannya berupa kupon undian berhadiah yang dimasukkan ke berbagai produk. Pemenang diminta menghubugi nomor telepon selular (ponsel) pelaku. Selanjutnya, diminta mengirim uang melalui rekening bank, untuk mendapatkan hadiahnya.
Saat diperiksa, Amr memiliki sejumlah KTP dengan nama berbeda, namun foto sama. Nama-nama yang dipakai Amr antara lain Edwar bin Pratama dan Ilias. "Kami imbau masyarakat agar mewaspadai penipuan dengan bentuk undian berhadiah atau sejenisnya," kata Saleh Kasim.
(rip)

Tribun Timur - Rabu, 18-04-2007

http://www.tribun-timur.com/view.php?id=43502&jenis=Parepare

No comments: