18 May 2007

Pemkot Ingatkan Tipu Berkedok Undian

Written by Redaksi Majalah Bongkar
Friday, 18 May 2007


MARAKNYA modus penipuan berkedok pemberian undian berhadiah baik melalui surat, SMS, telepon, bahkan ada juga yang terlampir di sebuah produk seperti rokok dengan mengiming-imingi hadiah langsung kendaraan bermotor atau uang tunai harus diwaspadai dan diatasi dengan penuh ketelitian. Jika diberitahu memenangkan undian, sikap pertama yang harus diingat adalah tetaplah menginjak bumi.

"Sikapi dengan tenang, rasional dan jangan emosional dalam arti gembira terlalu berlebihan," demikian disampaikan Plt Kabag Humas HM Faisal menanggapi masih banyaknya aksi penipuan itu.

Mengutip edaran Lembaga Perlindungan Konsumen Kaltim (LPKKT), mengungkap, jika undian itu benar maka jangka waktu yang menjadi hak untuk mendapatkan hadiah adalah 6 bulan sejak diundi. Hal ini sesuai UU Nomor 22 Tahun 1954 Tentang Undian. Jadi waktunya bukan satu hari, satu minggu atau satu bulan meskipun hal tersebut masih banyak dilanggar penyelenggara.

Langkah penting lain lagi, lanjut dia, konsumen harus mengingat kembali apakah memang pernah mengikuti sayembara atau tidak. Jika tidak, anjurnya, diabaikan saja. Namun jika memang pernah mengikuti agar tetap melakukan cross check. **

Majalah Bongkar, Kalimantan Timur


http://bongkar.net/index.php?option=com_content&task=view&id=322

No comments: