30 July 2007

Depsos canangkan Kampanye Nasional Waspada Penipuan





Ahmad Zaini - Newsroom

Departemen Sosial mencanangkan Kampanye Nasional Waspada Penipuan dengan menyebarkan sejuta poster bertajuk "Waspada Penipuan Berkedok Promo Berhadiah".

Kampanye nasional yang dilaksanakan Senin (30/7) pagi ini diharapkan mampu menyadarkan konsumen agar lebih berhati-hati menyikapi penipuan berhadiah.

Kepada ELSHINTA, Direktur Jenderal Bantuan dan Jaminan Sosial Depsos, Chazali Husni Situmorang mengungkapkan, dengan informasi yang ada dalam poster tersebut, maka akan ada kiat-kiat tertentu bagi masyarakat untuk bisa mengetahui apakah pemberitahuan menang undian atau promo berhadiah itu benar atau tidak.

"Jadi dengan demikian kita bisa meminimalisir mereka-mereka yang akan tertipu, yang harus mentransfer uang dan sebagainya. Kita harap masyarakat terhindar dari penipuan," ujarnya.

Kiat-kiat untuk mewaspadai adanya indikasi penipuan yang ada dalam poster tersebut antara lain:
1. Apapun jenis undian jangan layani permintaan transfer uang
2. Jangan tergiur dengan ajakan menebus hadiah dengan segala cara yang mengharuskan Anda mengeluarkan uang, baik langsung maupun transfer
3. Apabila Anda diminta mentransfer uang oleh si penipu ke rekening dengan nama pribadi, langsung abaikan.
4. Jangan sekali-sekali mentransfer uang. Itu pasti penipuan.
5. Periksalah keaslian kupon atau pemberitahuan yang Anda dapatkan dengan menghubungi telepon resmi produsen yang tercantum pada kemasan produk. Atau hubungi 108 untuk informasi telepon resmi produsen.
6. Hadiah yang tidak diambil dalam enam bulan setelah diumumkan akan diserahkan ke Departemen Sosial. Kenyataannya, tidak ada hadiah yang dilelang.

(der)

elshinta 30/7/2007 9:17 WIB


http://www.elshinta.com/v2003a/readnews.htm?id=41808

No comments: