26 July 2007

Penipu Berkeliaran di Mal

Daerah Sumatera Utara

MEDAN (SINDO) – Hati-hati bila berbelanja di pusat perbelanjaan (mal).Para pelaku kejahatan mengincar korban dengan mengiming-imingi menang undian, seperti yang menimpa Nesty Mariani Panggabean, 31, dan Septinawati, 25

Akibatnya, uang tunai yang tersimpan di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ludes dikuras. Nasib apes yang menimpanya membuat warga Lubukpakam, Deliserdang itu mengadu ke Kantor Polsek Medan Kota. Ceritanya, Selasa lalu Nesty berbelanja ke pusat perbelanjaan Jalan MT Haryono,Medan.

Pada saat itulah, dia disampari dua pria yang mengaku dari perusahaan elektronik. Kedua pria yang mengaku bernama Yunan dan Welski menawarkan korban untuk menarik undian dengan hadiah seperangkat alat elektronik.Nesty pun tertarik, lalu mengambil secarik kertas lucky draw.

Begitu kertas ditarik, dia langsung dinyatakan sebagai pemenang dan mendapatkan elektronik bernilai jutaan rupiah. Namun, hadiah yang dijanjikan belum bisa diambil, sebelum Nesty berbelanja produk perusahaan milik mereka. Seperti terhipnotis, Nesty pun menurut saja di saat kedua pelaku meminta dirinya untuk menunjukkan ATM BRI.

Begitu ATM berpindah tangan, langsung saja digunakan untuk mentransfer dana senilai Rp4 juta. Selanjutnya, pelaku pergi setelah mengembalikan ATM ke tangan Nesty. Tak lama berselang, dia pun tersadar dan dicek ternyata uang simpanannya telah habis dikuras.

Kejadian serupa juga dialami Septinawati, warga Kota Binjai. Musibah yang menimpa perempuan berusia 25 tahun itu terjadi pada Kamis pekan lalu. Seperti terhipnotis, korban pun teperdaya saat ATM miliknya diminta. Kejadian yang begitu cepat itu dia kehilangan dana senilai Rp6 juta.

Sejumlah kasus penipuan dengan modus iming-iming hadiah juga sebelumnya juga telah menimpa sejumlah pengunjung pusat perbelanjaan. Panit Reskrim Polsek Medan Kota Iptu S Maremare mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dan kini masih dalam penyelidikan. (zailani)

Sindo - Kamis, 26/07/2007

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/sumatera-utara/penipu-berkeliaran-di-mal-2.html

No comments: