23 July 2007

Penipuan mengatasnamakan program undian makin marak

SURAT PEMBACA

Saya sangat prihatin dengan maraknya aksi penipuan mengatasnamakan program undian berhadiah akhir-akhir ini. Saya sendiri pernah menjadi korban. Saya mengusulkan kepada Depsos RI dan pihak terkait untuk mengeluarkan peraturan kepada pihak-pihak penyelenggara undian agar setiap hadiah yang ditawarkan kepada konsumen sudah termasuk pajak (pajak ditanggung oleh pihak penyelenggara undian). Peraturan tersebut hendaknya berlaku untuk semua jenis undian berhadiah, baik pengiriman melalui surat, kupon, maupun SMS, berapa pun besarnya hadiah.

Peraturan ini diharapkan dapat membantu mengurangi terjadinya tindak penipuan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Selain itu, sangat memudahkan pemenang undian untuk mendapatkan hadiah tersebut, tanpa harus pusing memikirkan pajak yang harus dibayarkan.

Melalui kesempatan ini, saya juga mengharapkan kerja sama yang baik antara Depsos dan YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) untuk dapat mengecek kebenaran tersedianya hadiah yang ditawarkan penyelenggara undian, agar menjadi lebih transparan dan konsumen tidak dikelabui oleh iming-iming hadiah yang tidak jelas kebenarannya. Semoga saran ini bisa bermanfaat dalam melindungi hak-hak kita sebagai konsumen.

Dwi Daryanto
Jl. Peninggaran Timur II/13
RT 05/09 Kebayoran Lama Utara,
Jakarta Selatan
Telp: 021-7239xxx

Seputar Indonesia - 11 July 06

No comments: