08 August 2007

Sindikat Pemalsu KTP Dibui

Zainal Effendi - DetikSurabaya

Surabaya - Sindikat pemalsu KTP ditangkap jajaran Polsekta Wonokromo. Dua orang pelakunya Elya Yuddy Irawan (30) warga Karah Surabaya dan Kusairi (41) warga Medokan Semampir Surabaya saat ini telah ditahan.

Polisi telah menyimpan barang bukti berupa 2 printer, 1 unit video, 1 unit monitor, puluhan stempel palsu, puluhan KTP palsu dan form pengajuan kredit crad dan kredit barang.

Kasus pengungkapan ini berawal dari laporan korban bernama Yusnia Mawar warga Perum Griya Kencana Surabaya, yang akan mengajukan permohonan kredit card di Bank HSBC. Namun, KTP korban masa berlakunya telah habis.

Saat itu, tersangka Kusairi yang juga karyawan Bank HSBC menawarkan pembuatan KTP baru yang selesai dalam 1 jam, dengan biaya Rp 100 ribu. Di saat yang bersamaan, korban juga membutuhkan surat kepindahan di Kecamatan Wonokromo.

Saat tiba di Kecamatan Wonokromo, petugas Kecamatan mencurigai KTP yang dibawa oleh Yusnia. Sebab nama camat yang ada di KTP korban menjabat tahun lalu. Temuan itu langsung dilaporkan ke Polsekta Wonokromo.

"Tersangka Elya dalam melakukan pemalsuan tersebut sudah dilakukan 3 bulan yang lalu. Sedangkan tersangka Kusairi mengaku mendapat imbalan tiap KTP sebesar Rp 60-70 ribu," jelas Kapolsek Wonokromo AKP Nuriyadi kepada wartawan saat berada di Mapolsekta Wonokromo Jalan Joyoboyo Surabaya, Rabu (8/8/2007). (fat/mar)

Detik Surabaya - Rabu, 08/08/2007 15:06 WIB


Link:
http://www.detiksurabaya.com/indexfr.php?url=http://www.detiksurabaya.com/index.php/detailberita.main/y/2007/m/08/d/08/tts/150657/idkanal/466/idnews/814802

No comments: