29 January 2008

[maki-online] Hati-hati maraknya penipuan kuis SMS di media

 
----- Original Message -----
Sent: Tuesday, January 29, 2008 5:45 PM
Subject: [warga] HATI-HATI PENIPUAN KUIS SMS DI MEDIA

HATI-HATI MARAKNYA PENIPUAN KUIS SMS DI MEDIA
 
Hati-hati kalau ikutan kuis sms yang ditawarkan media cetak ataupun elektronik saat ini.  Karena pihak-pihak yang membuat kuis ini bisa merekayasa pemenang fiktif dan bahkan berani meng-ekspos-nya saat pemberian hadiah.  Mengesankan memang, pemenangnya hadir saat pembagian hadiah padahal dia hanya orang bayaran yang dihadirkan pihak media itu. 
 
Menurut informasi yang saya dapat dari teman saya yang sempat bekerja di salah satu content provider, JATIS MOBILE, mengatakan kalau para penyelenggara kuis sms itu bisa memantau nomor seluler yang masuk dan yang tertinggi/terbanyak.  Dengan demikian, bisa saja nomor-nomor seluler perwakilan para penyelenggara itu dapat melampaui nomor seluler peserta kuis.
 
Pengalaman ini saya alami di CTV Banten lewat acara Fresh yang presenternya Adit dan Nia mantan Akademi Fantasi Indosiar.
 
Bukannya saya marah karena tidak menang dalam kuis sms Fresh 3985 yang berhadiah Ponsel T3 dan TV 29 inci.  Karena saya tahu pemenangnya memang harus yang mempunyai angka paling banyak.  Tetapi ada rekayasa pemenang fiktif yang dihadirkan untuk menerima hadiah yang dihadirkan orang dalam CTV Banten sendiri.
 
Awalnya, saya mendengar ada teman saya nyeletuk mengomentari saat saya lagi iseng-iseng ikutan kuis dan lagi mengetik jawaban via sms kuis Fresh dari ponsel saya.  Dia bilang "Ngapain buang-buang pulsa.  Orang yang dapat hadiahnya orang dalam CTV Banten sendiri, kok.  Tuh, saudara gue kemarin ambil hadiah ponsel buat orang dalam, dikasih duit". 

Kontan saya terkejut dan lebih lanjut saya tanyakan tentang saudaranya yang diminta untuk mengambil hadiah itu ke teman saya yang kebetulan rumahnya di daerah Karang Mulya, Tangerang, dekat lokasi studio CTV Banten.
 
Dari penuturan teman saya itu, saya cari tahu dan komplin ke CTV Banten.  Namun, tanggapannya begitu mengecewakan.  Akhirnya masalah ini saya konfirmasikan ke beberapa media cetak lewat Surat Pembaca.
 
Ya, saya bukan mau cari musuh atau cari gara-gara.  Tapi kalau caranya seperti ini, CTV Banten sudah merugikan penontonnya yang sudah ikutan kuis.  Bila demikian, disarankan lebih baik CTV Banten bikin kuis sms berhadiah untuk kalangan sendiri saja, tanpa memancing keuntungkan mengajak pemirsa untuk ikutan kuis.
 
Dengan kejadian ini saya jadi ber-asumsi jangan-jangan semua pengambilan hadiah kuis adalah pemenang fiktif yang diatur oleh CTV Banten sendiri.
 
Mungkin ada yang bernasip sama seperti saya? ... Berikan saja komentarnya, semoga dapat bermanfaat untuk rekan-rekan kita lainnya ....  Thanks before .....
 
 
REGARD,
ANDI_GANKJOGLO
 


Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now.


No virus found in this incoming message.
Checked by AVG Free Edition.
Version: 7.5.516 / Virus Database: 269.19.15/1248 - Release Date: 28/01/2008 21:32
__._,_.___

blog: http://maki-online.blogspot.com



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: